Monthly Archives: September 2014

Post

Kami pernah memperkenalkan bis surat atau kotak pos yang umumnya terletak di pinggir jalan di edisi yang lfutsu no post ewat. Biasanya kotak pos ini berwarna merah,namun yang terdapat di dalam stasiun Shinagawa,Tokyo,agak berbeda. Bentuknya menyerupai kereta listrik yang sedang beroperasi saat ini. Bis surat ini di letakkan di jalur di mana para penumpang hilir mudik. densha no yubin postNamun mungkin karena warnanya tidak merah seperti bis surat umumnya,maka mungkin saja orang tidak melihatnya. Tetapi begini begini bis surat yang resmi dan apabila kita masukkan surat ke dalamnya,pasti di antarkan ke tempat tujuan

—– Continue reading

“Kouyou”

Di Jepang terdapat 4 (empat) musim,yaitu musim semi,musim panas,musim gugur dan musim dingin.
koyo 1 Musim bunga udaranya terasa hangat, panas sangat di musim panas,sejuk di musim gugur dan dingin betul di musim dingin.
Apabila telah memasuki musim gugur,seluruh gunung berubah warna menjadi merah. Karena warna daun-daun pepohonan menjadi merah,maka terlihat warna gunung itu sendiri terlihat berwarna merah. Daun-daun yang menjadi merah ini di Jepang di sebutKooyoo.koyo 2
Foto ini adalah pemandangan di gunung Sadogashima,perfektur Niigata.
Foto ini di ambil dari puncak gunung tersebut.

Pohon yang berbuah warna merah ini di sebut pohon Nanakamado.Tinggi pohon bisa mencapai 7 sampai 10 meter.
Di musim panas,pohon ini berbunga warna putih,dan di musim gugur,berbuah warna merah. Kabarnya buah merah ini menjadi makanan burung-burung liar.
Sejak dahulu,orang Jepang merasakan pergantian musim dari keberadaan gunung yang berubah setiap musimnya.
Ada orang Jepang yang sengaja pergi ke gunung untuk menikmati daun-daun indah ini (di sebut Momiji gari)
(foto oleh; Itoo Yoshiyuki)

—– Continue reading

“Sushi”

Osushi adalah salah satu jenis makanan khasJepang yang sangat di gemari oleh orang Jepang.
Di atas nasi yanosushi g sudah di beri rasa cuka, di letakkan potongan ikan mentah. Di antara nasi dan ikan,di lapisi wasabi yang pedas. Wasabi ini berguna agar tidak mengalami sakit perut apabila makan ikan mentah.
Osushi ini boleh di makan dengan tangan.
Sebaiknya sebelumoshiborimencicipi,kita harus membersihkan dengan oshibori(Anduk atau lap tangan yang hangat)

Public Phone Booth

Meski kebanyakan orang menggunakan telepon genggam atau smart phone pada saat ini,di negara Jepang masih ada telepon umum di setiap kota dan telepon umum seperti ini di sebut Denwa Box(Box telepon)denwa box
Asal ada koin 10 atau 100yen,siapa saja dapat memakai telepon umum ini.
Box telepon seperti ini terdapat di fasilitas umum seperti kantor pemerintahan,rumah sakit,taman bermain,rumah makan dan perpustakaan dan sebagainya.
Ada telepon umum yang hanya bisa menelpon di dalam negeri, ada juga untuk internasional.
Box telepon yang ada di foto ini adalah telepon umum yang dapat di pergunakan oleh orang yang memiliki kebutuhan khusus seperti pemakai kursi roda. Ruangnya di buat berukuran besar agar kursi roda dapat masuk ke dalamnya.

“Shirokuma Ramen”

Mi ramen beruang putih dari taman marga satwa Maruyama(Hokkaido).
Ini adalah mi instant dan makanan khas lokal yang di jual di taman marga satwa Maruyama dan lain lokasi yang ada di Sapporo,kepulauan Hokkaido.

Produkshirokuma ramen ini termask causebrand,yaitu produk yang sebagian pendapatan nya di sumbangkan ke taman marga satwa,sebesar 3 yen dari setiap bungkusnya.
Bungkus mi berdesignkan wajah beruang Hokkyoku yaitu beruang putih yang di besarkan di taman marga satwa setempat.
Mi instant ini di gemari oleh masyarakat,karena selain praktis untuk di bawa sebagai oleh-oleh setempat,juga tahan lama,sekaligus bisa memberikan sumbangan.