Japanese Tea – “Ocha”

Di Jepang, ada jenis minuman yang sejak dahulu di minum oleh masyarakatnya,yaitu Ocha.(Cha =teh Jepang)
Cara menyajikannya ialah dengan mengisi dauh teh ocha ke dalam sebuah pot atau teko kecil (Kyuusu) dan tuang air panas,dan tuangkan ke dalam gelas atau cup yang di sebut Yunomi.
ocha1Kini,daun teh ini sudah ada yang berbentuk bubuk yang lebih praktis, karena hanya masukkan bubuk ke dalam gelas dan tuang air panas.
Di Jepang,bubuk teh ini sering kita temui di rumah makan sushi seperti kaiten zushi(Sushi keliling atau menu sushinya di letakkan di meja yang berputar-putar di dekat pengnjung yang sedang makan.Pengunjung dapat mengambil menu sushi yang di sukainya)
Kalau kita menggunakan teh yang bentuk bubuk,kita tidak usah membuang ampas daun teh,praktis bukan?ocha2
Kalau anda bepergian ke suatu negara di mana sulit untuk mendapatkan teh Jepang,bawa saja teh bubuk ini. Kapan saja anda dapat menikmati teh hijau yang enak.
Teh bubuk ini di jual di toko oleh-oleh di dekat loket pemberangkatan internasional di bandara. Gunakan air panas untuk menyeduhnya.Kalau air dingin tidak bisa mencair.

—–

日本で古くから飲まれている飲みもとして、「お茶」があります。
お茶は、もともと茶葉を入れた急須(きゅうす)(ポットのようなもの)にお湯を注いで、湯呑み(ゆのみ)といわれるカップに注いで飲むものです。最近は、お茶を粉状したものを、湯呑みに入れてお湯を入れるだけで、手軽に飲むことができます。主に、回転寿司屋のお茶が粉末です。飲んだ後も、茶殻の後始末もなく、便利です。海外でなかなかお茶が手に入らないところへ行くとき、この粉末のお茶を持っていけば、何時でも簡単に美味しい緑茶を飲むことができます。空港の国際線乗り場近くのお土産屋さんでも販売していました。
お水では溶けませんので、必ず、お湯を注いでください。