753 “Shichi-Go-San”

Di Jepang ada tradisi merayakan pertumbuhan anak-anak yang berusia 3 dan 5 tahun untuk anak laki-laki,dan untuk anak perempuan yang berusia 3 dan 7 tahun. Perayaan ini d753 i sebut 753(tujuh lima tiga,dalam bahasa Jepangnya di sebut sichi go san)
Setiap bulan November,anak-anak yang berusia tadi,di 753epakaikan kimono(pakaian tradisional khas Jepang)dan di bawa ke jinja atau tera(jinja adalah tempat sembahyang bagi umat beragama Shinto dan tera untuk yang beragama Budha)untuk di doakan 753ykeselamatannya.

Asal muasal tradisi ini adalah,dahulu ada kebiasaan seorang anak harus memangkas rambutnya hingga usia 3 tahun,dan tradisi 753 ini bermakna bahwa kebiasaan itu di sudahi karena anak sudah berusia 3 tahun. Kalau yang usia 5 tahun bermakna bahwa seorang anak laki-laki mulai memakai pakaian hakama (sejenis pakaian tradisional berbentuk celana namun longgar,umumnya berwarna hitam)
Yang usia 7 tahun adalah untuk menandakan bahwa anak perempuan mulai bisa mengenakan obi(tali pengikat kimono)yang lebar seperti yang di kenakan wanita dewasa.
Dahulu,persentasi angka kematian anak tinggi dan sulitnya mencapai usia dewasa karena berbagai penyebab.Oleh karena itu tradisi ini lahir dari harapan orang tua agar anak yang lahir selamat hingga besar nanti.
Semenjak itu kebiasaan ini menjadi tradisi tetap hingga sekarang.
Selain menjadi acara selamatan untuk anak-anak,tradisi ini juga di manfaatkan para orang tua untuk memakaikan pakaian tradisional Jepang,kimono,yang akhir-akhir ini sudah jarang di kenakan.

Setelah selesai mendoakan di kuil,para orang tua membawa anak-anak ke studio foto untuk mengambil foto kenangan di acara 753.

—–

男の子は3歳と5歳に、女の子は3歳と7歳に子供の成長を祝う行事です。11月にその年の子に着物を着せ、神社などにお参りをします。
七五三の由来は、3歳までは髪を剃る(そる)習慣があったため、それを終了するという意味があります。
5歳は男子が袴(はかま)を着用し始めるという意味があります。7歳は、女子が幅の広い大人と同じ帯(おび)を結び始めるという意味があります。
昔の日本は、乳幼児(にゅうようじ)が成人(せいじん)するまでの生存率(せいぞんりつ)はきわめて低く、そのようなことから乳幼児の生存を祝う節目(ふしめ)として七五三のお祝いが定着しました。
最近では、なかなか着物を着る機会も少ないので、記念に写真館で写真を撮るのも恒例行事(こうれいぎょうじ)になっています。